HUT Yogyakarta Ke-267

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Yogyakarta yang ke-267 pada 7 Oktober 2023, pemerintah Kota Yogyakarta  menghadirkan optimisme dan semangat dalam mewujudkan kemandirian yang dituangkan dalam tema perayaan Hari Ulang Tahun yakni Tatag, Teteg Tutug.

Tatag, berarti sebuah proses yang membangun mentalitas seseorang untuk menjadi bekal dalam menghadapi tantangan.

Teteg, berarti proses membentuk ketahanan dan konsisten, ketika mendapat respon, kritik, maupun halangan dari luar agar senantiasa teguh.

Tutug, berarti mengemban makna tuntas dalam menjalankan setiap tanggung jawab yang diemban.

Selain tema yang diangkat, terdapat pula logo HUT ke-267 Kota Yogyakarta yaitu gunungan, yang di dalamnya mencakup 5 elemen motif, yakni flora hijau. lengkung emas, ornamen umpak joglo, ulir tugu, dan ekor garuda. Di mana, setiap elemen menggambarkan cita-cita pembangunan kota Yogyakarta yang hanya dapat terwujud melalui usaha serta semangat kolaborasi dari pemerintah dan masyarakat.

Adapun dalam perayaan HUT Kota Yogyakarta, turut diselenggarakan serangkaian acara menarik yang sudah dimulai sejak 1 Oktober 2023, di antararanya kegiatan sepeda santai Yogowes, kegiatan wiwitan, karnaval pelajar, event Sekar Rinonce yang merupakan acara ekspresi budaya, Kolaborasi Wayang Sawega di Malioboro, Malioboro Coffee Night, hingga Festival Angkringan yang menggandeng 50 pelaku usaha warung angkring, serta puncak acara berada pada tanggal 7 Oktober 2023, yakni event Wayang Jogja Night Carnival (WJNC #8) yang berada di Tugu Pal Putih.